Hard Bop I: Periode Prestige Records (3)

By on June 22, 2000

Oleh: Jerry S. Jutianto

Relaxing with The Miles Davis Quintet (Prestige 7129)
Miles Davis and the Modern Jazz Giants (Prestige 7150)

George Avakian, dalam salah satu tulisannya pada ‘The Complete Recording Miles and Coltrane’ , mengungkapkan bahwa Miles membuat kontrak dengan Columbia Record pada tahun 1955-1956, padahal kontrak dengan Prestige belum selesai. Ketika itu, Miles hanya memerlukan tiga hari rekaman untuk memenuhi kewajibannya kepada Prestige Record, yang akhirnya menghasilkan rekaman Workin’, Steamin’, Cookin’ dan Relaxin’.

Menurut saya, ada dua CD yang merupakan ‘essential’ yang harus didengar, yakni yang pertama adalah Relaxin. Pada milesdavis4CD yang menarik ini terdengar Miles berbicara, dan mengatur pemain-pemainnya: John Coltrane – tenor sax, Red Garland– piano, Paul Chambers – bass, dan Philly Joe Jones – drums. Itulah sebabnya, kesan rileks tercipta dalam album ini.  Kesan yang sama juga mengingatkan saya terhadap album Miles yang terbesar: ‘Kind of Blue’.

CD kedua adalah: Miles Davis and the Modern Jazz Giants.  Pada CD ini terdengar cerita legenda, di mana Miles bertengkar dengan pemain pianonya Thelonious Monk yang legendaris itu.  Bandingkan permainan take kedua dan pertama dari The Man I Love. Ada kesan yang saling tarik menarik, dan adu kekuatan antara Miles dan Monk.

Album ini juga menghadirkan komposisi ‘Round Midnight versi Prestige, yang dibantu juga oleh Coltrane (George Avakian membandingkan kalau sesi rekaman di Prestige dibuat agak secara asal dibandingkan dengan yang di Columbia, apakah memang begitu, bandingkan sendiri pada lagu ‘Round Midnight ini dengan versinya ‘Round About Midnight album).  Itulah sebabnya, CD ini merupakan salah satu CD yang cukup penting dan juga unik keberadaannya. (Bersambung)