Hard Bop 2: Periode Modal ‘The First Great Quintet/Sextet (4)

By on June 23, 2000

Oleh: Jerry S. Justianto

Kalau saya boleh curang dalam merekomendasi CD title, sudah pasti saya merekomendasi The Complete Recording of Miles and Coltrane, karena semua yang mereka mainkan adalah “kiriman suara” dari surga jazz.

Pilihan saya pada ‘Round About Midnight adalah karena sangat menarik untuk melihat kemampuan Miles dalam mempersiapkan sebuah album dengan sangat hati-hati dalam melaksanakan tugasnya sebagai ‘major’ jazz player dari sebuah studio raksaksa.  Dan, pada kenyataannya, album tersebut laris luar biasa, bahkan melebihi dari jumlah keseluruhan 5 album yang dikeluarkan oleh Prestige pada saat yang bersamaan (1956).

Komposisi yang perlu mendapatkan perhatian adalah ‘Round Midnight itu sendiri yang ditulis oleh T. Monk. Bye-bye Blackbird dan Dear Old Stockkholm (ironisnya Miles pecah dengan Coltrane di kota tersebut pada tahun 1960).

Pada suatu saat saya akan membuat sebuah essei khusus mengenai Kind of Blue, album Miles di tahun 1959.  Karena tidak ada kata yang dapat melukiskan kehebatan album ini.  Di edisi Kind of Blue yang baru ditulis sebagai berikut: “Jika ini adalah pertemuan Anda dengan Kind of Blue, saya perlu ingatkan kalau pengalaman ini akan menjadi pengalaman yang tak dapat dipisahkan dari hidup Anda selamanya.”

Saya tidak akan berlama-lama menjelaskan hal tersebut, tetapi kalau memang Anda hanya ingin membeli satu CD Miles, inilah CD tersebut.  Komposisi So What merupakan “lagu wajib” di banyak kelas Jazz di Amerika Serikat, dan ini merupakan komposisi pertama dari CD tersebut.

Dilanjutkan dengan Freddie Freeloader, Blue in Green, All Blues, dan Flamenco Sketches.  Keunikan dari album ini adalah cara pembuatannya. Miles mencoba untuk memperkenalkan kunci inti dari masing-masing komposisi sebelum rekaman dimulai (proses ini di ulang oleh Miles pada album Bitches Brew di tahun 1969), sehingga komposisi yang Anda dengar adalah sepenuhnya hasil improvisasi. (Bersambung)