Grammy Awards ke-14 untuk Pat Metheny

By on February 22, 2001

Grammy Awards, bagi Pat Metheny bukan barang baru. Kali ini, lagi-lagi, gitaris berambut gondrong tersebut kembali menyabet penghargaan untuk insan musik dunia, Grammy Awards, yang tahun ini telah memasuki pelaksanaan yang ke-43. Penghargaan sebagai Best Jazz Instrumental Solo, untuk komposisi (Go) Get It, yang diambil dari album The Pat Metheny Trio, akhirnya menjadi miliknya.

Pat, yang lahir di kawasan Kansas City, bisa dikatakan pelanggan tetap untuk penghargaan seperti Grammy Awards. Bayangkan, 23 nominasi Grammy sudah dibukukannya. Dan – ini yang luar biasa, penghargaan yang berhasil diraihnya kali ini merupakan perolehan Grammy yang ke-14 bagi dirinya. Komposisi-komposisinya, dan dukungan dari personil Pat Metheny Group memang layak diacungi jempol.

Penganugerahan Grammy Awards 2001, untuk kategori jazz, berhasil diraih oleh beberapa nama besar. Selain Pat Metheny, ada pendekar-pendekar jazz lainnya yang layak diperhitungkan. Di antaranya adalah Dianne Reeves, Brandford Marsalis, Joe Lavano, Bela Fleck & The Flecktones, dan Cucho Valdes. Semuanya adalah tokoh-tokoh jazz yang telah menghadirkan komposisi musik yang berkualitas.

Nah, berikut adalah daftar lengkap perolehan Grammy Awards, untuk kategori musik jazz, seperti dikutip situs Grammy.com.

Best Contemporary Jazz Album
Outbound B
ela Fleck & The Flecktones
[Columbia Records]

Best Jazz Vocal Album
In The Moment – Live In Concert
Dianne Reeves [Blue Note Records]

Best Jazz Instrumental Solo
(Go) Get It Pat Metheny
Track From: Trio 99>00 [Warner Bros. Records]

Best Jazz Instrumental Album
Individual or Group Contemporary Jazz
Branford Marsalis [Columbia Records]

Best Large Jazz Ensemble Album
52nd Street Themes Joe Lovano [Blue Note Records]

Best Jazz Latin Album
Live At The Village Vanguard Chucho Vald
es
[Blue Note Records]

(ymn)