Gitaris itu Bernama Mike Stern

By on March 6, 2009

Dalam karir yang membentang sepanjang tiga dekade dengan diskografi lebih dari selusin album, empat kali nominator Grammy, Mike Stern telah memantapkan diri sebagai salah satu gitaris fusion kenamaan di generasinya.

Lahir di Boston, 10 Januari 1953, Stern tumbuh besar di Washington DC sebelum kembali ke Boston untuk belajar musik di Berklee College of Music. Usai sekolah, dia memulai karir musiknya sebagai gitaris Blood, Sweat and Tears dalam usia 22 tahun. Setelah sempat bergabung dengan Billy Cobham tahun 1979-1980, Stern kemudian pindah ke New York. Di sana Miles Davis mengajak Stern bergabung untuk pagelaran merayakan kembalinya Miles Davis tahun 1981.

Selama tiga tahun bersama Miles Davis, Stern tampil dalam tiga album sang maestro yaitu Man with the Horn, Star People dan We Want Miles. Stern juga menggelar tur bersama Jaco Pastorius’ Word of Mouth Band antara 1983 hingga 1985 dan kemudian kembali ke grup Miles Davis untuk menggelar tur selama setahun.

Tahun 1985, Stern merekam album Neesh, rekaman pertamanya sebagai band leader, di bawah perusahaan rekaman Jepang, Trio. Setahun kemudian dia melakukan debutnya untuk perusahaan rekaman Atlantic dengan album Upside Downside yang menampilkan sejumlah musisi ternama seperti David Sanborn, Jaco Pastorious, Bob Berg (saxophone), Mark Egan (bass) dan Jeff Andrews (keyboard), Mitch Forman dan David Weckl (drum), serta Steve Jordan. Selama dua tahun berikutnya, Stern enjadi anggota kuintet Michael Brecker dan tampil dalam Don’t Try This at Home.

Pada musim panas 1986, Stern bekerja sama dengan David Sanborn dan kemudian bersama Steps Ahead versi elektrik bersama Mike Mainieri, Michael Brekcer, Darryl jones dan Steve Smith.

Album kedua Stern untuk Atlantic, Time in Place (1988) hasilnya sangat menjanjikan. Album-album berikutnya Jigsaw (1989) dan Odds or Evens (1991) juga menunjukkan kualitas bermusik Stern. Dalam masa ini, Stern juga menggelar tur bersama Bob Berg dan penabuh drum, Dennis Chambers, serta pencabik bass Lincoln Gomes, dalam tur reuni Brecker Brothers Band. Dekade 1990-an terbukti menjadi masa sukses Stern. Album Standard (and Other Songs) tahun 1993 membawanya meraih penghargaan gitaris jazz terbaik pilihan pembaca majalah Guitar Player.

Setelah sukses itu, Stern masih menghasilkan dua album bagus lainnya Is Wat It Is (1994) dan Between the Lines (1996) kedua album ini menjadikan Stern nominator peraih Grammy. Tahun 1997 dia merekam Give and Take bersama John Patitucci (bass), Jack DeJohnette (drum), Don Alias (perkusi), dan bintang tamu special Michael Brecker dan David Sanborn.

Penampilannya ketika memainkan komposisi Sonny Rollins, mengantar Stern meraih penghargaan Orville W Gibson, sebagai gitaris terbaik 1997. Album kesembilan Stern, untuk Atlantic bertajuk Play dan album His Voices dimana untuk pertama kalinya Stern menunjukkan kemampuannya berolah vocal juga menjadikannya nominator Grammy.

Setelah 15 tahun bersama Atlantic, Stern dikontrak ESC dan menelurkan album These Times (2004). Tahun 2006 Stern dikontrak Heads Up dan menghasilkan album Who Lets the Cats Out? (ervan/ymn)