Konser Jazz Tune, Menghibur Pulau Batam

By on June 21, 2000

BALL ROOM Mandarin Regency Hotel, Batam, Jumat (16/6) malam, tampak sedikit berbeda. Pasalnya, Batam Jazz Forum (BJF) — forum pencinta jazz di batam –menggelar sebuah acara jazz yang diberi tajuk: Jazz Tune. Musisi-musisi jazz senior Indonesia dihadirkan untuk menghibur sekitar 200-an pencinta jazz di kota Batam. Maka, atmosfir jazz pun tercipta di hotel berbintang tersebut.

Acara ini didukung oleh Idang Rasjidi (keyboard), Oele Pattiselano (gitar), Jeffry Tahalele (bas), Benny Mustapha (drum), Distok (perkusi), dan Harvey Malaiholo (vokal). Paduan musisi jazz senior Indonesia ini terbilang sangat menghibur. Apalagi ditambah dukungan kualitas vokal dari seorang Harvey. Komposisi-komposisi jazz, seperti Masquenada, Aqua De Beber, atau The Girl From Ipanema, menjadi menarik ketika dibawakan oleh penyanyi asal Ambon ini.

Komposisi-komposisi jazz standar lain, yang sempat dibawakan pada malam itu, adalah Tenor Madness, All Blues, dan Stella By Starlight. Komposisi-komposisi ini agaknya sering menjadi “lagu wajib”, di berbagai panggung jazz. Dan, untuk itu, Idang Rasjidi dkk., telah menjadi penghibur yang baik, serta mendapat aplaus dari pencinta jazz di Batam. Penonton yang hadir tampak puas.

Yang cukup menarik, seperti dilaporkan koresponden Horizon-line.Com, Hendra Sinadia, drummer gaek Benny Musthapa, masih terlihat enerjik ketika membawakan komposisi Stella By Star Light. Benny, yang sempat bermain solo, menunjukan kualitas permaianan drumnya pada komposisi ini.

Tampaknya pihak Mandarin Regency Hotel, Batam, sadar betul: betapa kualitas sound system, dapat mempengaruhi sebuah pertunjukan jazz. Itulah sebabnya, pihak Regency mempersiapkannya dengan baik. Alhasil, penampilan Idang dkk. menjadi lebih hidup dan menarik.

Sejak didirikannya BJF, September 1999 lalu, forum jazz yang menghimpun pencinta jazz di pulau Batam ini, telah enam kali menyelenggarakan even musik jazz. Musisi -musisi jazz yang pernah tampil adalah: Embong Raharjo, Bill Saragih, Cendy LUntungan, Bintang Indrianto, Margie Seger, Dwiki Dharmawan, Jilly Likumahuwa, Taufan Gunarso. Idang Rasjidi adalah salah satu musisi jazz yang paling sering menyinggahi tetangga terdekat Singapura ini.

Misi dari BJF, seperti dilaporkan Hendra Sinadia, memang mulia: ingin mensosialisasikan jazz di kawasan industri P. Batam. Untuk itulah, pihak BJF menggelar even musik jazz setiap bulan. Selamat buat BJF! (ymn/Laporan : Hendra Sinadia, Batam)