Geliat Jazz di Palangka Raya

By on July 24, 2007

Perkembangan musik jazz di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, semakin bergeliat. Seolah tak mau kalah dengan komunitas jazz lain yang sudah eksis di tanah air, beberapa waktu lalu telah hadir  The Community Jazz Palangkaraya (TCJP). Sebuah wadah pencinta jazz profesional muda di Palangka Raya dan sekitarnya.

Berawal dari keinginan untuk sosialisasi jazz di Palangka Raya yang jauh dari sentuhan musik jazz, maka TCJP akhirnya hadir dengan dukungan dari sejumlah profesional pencinta jazz, dengan latar belakang berbeda. Di antaranya adalah Bob Fiterson.SE, Antonius S, Anthon.P, Valery, Gery, Hery,Y dan Bippy.Anderson, SE.

Adalah Radio Evella Rasisonia 96.7FM, Palangka Raya, yang memiliki idealisme untuk memasyarakatkan jazz kepada profesional muda di kota tersebut. Program Live Music Community Jazz Palangka Raya, misalnya, yang digelar setiap hari Kamis malam mendapat sambutan yang luar biasa dari pendengarnya.

Sambutan baik itulah yang membuat pihak pengelola Evella Rasisonia untuk segera mendirikan sebuah kafe, yang akan menyatu dengan stasiun radio tersebut, yaitu Cavella Cafe. Rencananya, Cavella akan menjadi Kafe Radio yang akan menggelar berbagai aktifitas musik jazz secara live maupun Off Air.

Aktifitas TCJP tak hanya berkutat di bidang musik jazz semata.”Ke depan, TCJP juga akan membangun kemandirian dan jiwa enterpreneur generasi muda di Palangka Raya dengan berbagai kegiatan positif,” ujar Bippy Anderson, SE, salah satu pengurus TCJP. Di antaranya Festival Musik Jazz Palangka Raya 2007, Lomba Cipta Lagu Jazz Etnik, hingga talk show yang membahas sejarah musik jazz.

Saat ini beberapa program musik jazz yang cukup populer Evella Rasisonia adalah In Arround Town, Jazz Session, Indonesia Jazz Album, dan Live Music Community Jazz Palangkaraya. Horizon-line.Com juga akan bekerjasama dengan pihak pengelola Evella Rasisonia, untuk mendukung salah satu program musik jazz yang ada. Selamat datang Komunitas Jazz Palangkaraya! (yollismn)

Foto: TCJP