Eliane Elias, Mengidolakan Bill Evans

By on March 5, 2009

Pianis asal Brasil ini memulai perkenalannya dengan piano di usia 6 tahun. Bakat musiknya berasal dari sang ibu, seorang pemain piano klasik. Eliane Elias belajar musik di Free Center of Music Apprenticeship, Sao Paulo, Brazil. Menciptakan dan memainkan komposisinya sendiri dalam usia 17 tahun, dan semakin dikenal publik Brasil saat bergabung dengan penyanyi sekaligus gitaris, Toquinho, dan penyair Vinicius de Moraes.

Saat menggelar tur di Eropa tahun 1981, Eliane bertemu dengan pemain bas Eddie Gomez yang mendorongnya untuk mencoba peruntungannya di New York. Eliane kemudian pindah ke New York, dan kemudian diajak bergabung dengan Steps Ahead, yang menghasilkan satu album pada tahun 1983. Setelah hengkang dari Steps Ahead, Eliane bekerja sama dengan Randy Brecker, yang kemudian dinikahinya. Mereka menghasilkan album yang judulnya diambil dari nama putri mereka Amanda.

Tahun 1986, Eliane sudah menjadi pimpinan band yang sukses. Tahun 1988, dia terpilih sebagai pendatang baru terbaik hasil polling majalah JAZZIZ. Selanjutnya menghasilkan sejumlah album, termasuk yang menampilkan duet bersama Herbie Hancock. Album Solos and Duets tahun 1995 dinominasikan meraih Grammy untuk kategori video jazz instrumental. Tahun 1997, musisi Bob Brookmeyer mendedikasikan sebuah album yang seluruhnya merupakan komposisi karya Eliane. Dengan dukungan Danish Jazz Orchestra, album bertajuk Impulsive! ini kembali meraih nominasi Grammy untuk kategori album ensembel jazz terbaik tahun 2001.

Berawal dari album Eliane Elias Plays Jobim (1990) , Eliane  mulai menunjukkan kemampuannya berolah vokal. Dia adalah salah satu musisi yang tampil dalam film dokumenter tentang Latin Jazz, Calle 54 yang dirilis tahun 2000. Dalam album Around the City (2006) menampilkan Vicente Amigo dan Oscar Castro-Neves. Sementara album Something For You (2007) didedikasikan untuk musisi idolanya Bill Evans, yang karya-karyanya selalu dimainkan Eliane di masa kecilnya dan mempen garuhi karir musiknya.

Saat ini Eliane telah menikah dengan pencabik bas, Marc Johnson. Mereka berdua sudah menghasilkan sejumlah album, dan secara rutin tampil bersama dalam berbagai tur di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya. (ervan/ymn)