Dianne Reeves, Sang Peraih Grammy

By on March 5, 2009

Penyanyi kelahiran 23 Oktober 1956 ini dikenal sebagai salah satu vokalis jazz terkemuka. Teknik menyanyinya sangat luar biasa sehingga setiap penampilannya selalu memukau para penikmat jazz. Dalam tiga album terakhirnya A Little Moonlight (2003), The Calling (2001) dan In The Moment – Live in Concert (2000), dia memenangkan penghargaan Grammy kategori vokalis jazz terbaik. Pendek kata Dianne Reeves adalah satu-satunya penyanyi yang tiga kali berturut-turut menyabet penghargan bergengsi ini.

Dianne Reeves memang dilahirkan untuk jazz. Cara dia bernyanyi sangat terpengaruh gaya Carmen McRae dan Billie Holiday. Dianne memiliki kemampuan bercerita saat melantunkan lagu-lagunya. Akibat kemampuannya melantunkan gaya R&B sekaligus jazz, Dianne berhasil memperoleh banyak penggemar dan berbagai pujian dari seluruh dunia.

Reeves pernah tampil bersama Lincoln Center Jazz Orchestra dalam pagelaran 100 tahun Duke Ellington. Dia juga merilis rekaman dengan Daniel Barenboim dan Chicago Symphony, dan tampil dalam konser di Carnegie Hall bersama Sir Simon Rattle dan St Luke Orchestra. Tahun 2002, Dianne Reeves tampil dalam upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin di Salt Lake City. Dia juga memperoleh penghargaan Ella Fitzgerald di Festival Jazz Internasional Montreal, merilis album kompilasi The Best of Dianne Reeves, dan bernyanyi dalam episode etrakhir serial ternama Sex and the City.

Di penghujung tahun 2002, Dianne Reeves bekerja bersama produser legendaris Arif Mardin, memproduksi album terbarunya A Little Moonlight. Album yang memperoleh banyak pujian ini menyajikan10 komposisi menarik, dengan penampilan tiga musisi yang kerap mengiringi turnya, Peter Martin, Reuben Rogers, dan Greg Hutchinson.  Kesuksesannya mengantar Dianne meraih gelar Doktor dari Berklee College of Music tahun 2003. Dalam rentang waktu yang sama, Dianne juga tampil di Qatar. Penampilannya ini menjadi sejarah karena dialah musisi jazz ternama pertama yang tampil di negeri itu. The Peninsula, surat kabar berbahasa Inggris terbitan Qatar menulis, penampilan perdana Dianne di Qatar telah mengubah wajah musik dunia.

Tahun 2004, album A Little Moonlight meraih penghargaan Grammy kategori penyanyi jazz terbaik. Dalam tahun yang sama, Dianne menggelar tur di Jepang, India, Korea Selatan dan Eropa. Pada bulan September 2004, Dianne merilis album Natal pertamanya, Christmas Time is Here. Tahun 2008, Diane merilis album terbarunya bertajuk When You Know yang berisikan 10 komposisi. (ervan/ymn)