Dari Linkin Park hingga Jazz for Aceh

By on January 4, 2005

Bencana Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda Aceh, Sumatra Utara, dan beberapa kawasan di Asia (26/12) memang sangat memilukan. Ratusan ribu korban berjatuhan. Dunia pun menangis, dan serentak berbagai bantuan berdatangan. Termasuk musisi-musisi Indonesia dan manca negara

Bono – vokalis grup U2, misalnya, merencanakan konser amal untuk bencana Tsunami bersama Coldplay dan Robbie Wiliams. Bono juga tengah melelang sketsa wajahnya yang digambarnya sendiri, yang bisa diakses melalui situs eBay.com.

Linkin Park pun tak mau ketinggalan. US$ 100.000 disumbangkan grup yang sukses dengan album Meteora itu. Nama-nama lainnya adalah aktris Sandra Bullock, yang menyumbangkan US$ 1 juta untuk korban Tsunami, dan masih banyak lagi.

Di Indonesia, kegiatan serupa juga banyak dilakukan oleh para musisi Tanah Air. Lebih dari 100 musisi akan menggalang dana pada konser amal yang bakal dilakukan pada tanggal 9 Januari 2005 mendatang, di Pantai Carnaval, Ancol. Di antaranya adalah Glen, Audy, Iwan Fals, Melly Goeslaw, Tofu, NuKla, hingga Maudy Koesnady dan  Helmy Yahya.

Tidak hanya itu. Sejumlah musisi jazz pun bakal melakukan hal serupa. Sebuah konser bertajuk Jazz for Aceh pun akan digelar pada 22 Januari 2005, Pukul 20.00 WIB, mendatang, di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat. Beberapa musisi jazz dipastikan akan tampil, di antaranya adalah Bubi Chen, Benny Likumahuwa, Jacky Pattiselano, Dwiki Dharmawan, dan penyanyi asal Aceh, Ubiet.

Konser-konser amal di atas memang layak untuk dilaksanakan. Penderitaan rakyat Aceh dan Sumatra Utara harus segera dibantu. Dan, sebagai insan musik Tanah Air, sudah selayaknya memberikan yang terbaik untuk para korban. Sama seperti yang juga dilakukan oleh rekan-rekan musisi dari manca negara. Semoga sukses dan dukungan Anda sangat dinantikan! (ymn)