Chuck Loeb, Dari Jingle Hingga Soundtrack

By on March 5, 2009

Chuck Loeb lebih dari sekadar gitaris jazz. Dia adalah musisi yang luar biasa. Dalam karir musiknya selama lebih dari empat dekade, Chuck membuktikan dirinya adalah seorang komposer, penggubah dan produser yang sukses dalam berbagai jenis gaya bermusik. Musisi yang lahir di New York, 7 Desember 1955 ini dikenal sangat sukses secara komersil dalam jalur crossover jazz. Mulai memainkan gitar dalam usia 11 tahun, bekenalan dengan jazz dalam usia 16 tahun. Dia belajar musik dari Jim Hall, Pat Metheny dan Joe Puma selain mempelajari musik secara formal di Berklee College of Music.

Chuck kemudian bermain musik secara freelance di New York, antara lain bersama Hubert Lewis, Chico Hamilton dan Joe Farrell. Pada tahun 1979, dia bergabung dengan grup Stan Getz’s selama dua tahun. Masih di New York, Chuck juga menciptakan sekaligus memainkan musik jingle dan soundtrack. Selama tahun 1985-1987, Chuck bergabung dengan Steps Ahead, dan beberapa waktu belakangan ini menjadi produser album-album Donald Harrison, Nelson Rangell, Larry Corvel, George Garzone dan Warren Bernhardt.

Sebagai musisi, Chuck tergabung dalam grup Petite Blonde, yang juga menampilkan pemain saksofon Bill Evans, bersama Metro dan Mitchel Forman, serta Fantasy Band. Chuck juga tampil bersama Gary Burton, Dave Samuels dan masih banyak lagi musisi lainnya. Selain itu, banyak komposisi karya Chuck yang dibawakan sejumlah musisi jazz dan pop.

Album pertama Chuck dirilis Pony Canyon Records di Jepang, pada tahun 1989, berjudul My Shining Hour. Kemudian dia kembali melakoni peran sebagai produser untuk perusahaan DMP, sebelum akhirnya pindah ke Shanacie tahun 1996. Album Moon, the Stars, & the Setting of Sun dirilis tahun 1998, diikuti Listen (1999), In A Heartbeat (2001), dan All There pada tahun 2002. Saat ini, Chuck sedang menggelar kontes akbar di Spanyol bersama Josh Dion (drum), Brian Killeen (bas), dan Matt King (keyboards).

Setelah sembilan tahun bersama perusahaan rekaman Shanachie dan menghasilkan tujuh album solo, Chuck meninggalkan Shanacie untuk bergabung dengan Heads Up akhir tahun 2006. Setahun kemudian bersama Heads Up, Chuck merilis album barunya Presence (2007). (ymn/ervan)