Bubi Chen Memukau Komunitas Jazz Batam

By on August 8, 2000

BUBI CHEN tetap menjadi salah satu pianis jazz paling diminati hingga saat ini. Buktinya, even musik jazz yang diadakan oleh Batam Jazz Forum, Jumat (4/8) pekan lalu, terbilang sukses. Om Bubi — begitu biasa ia dipanggil — tetap menjadi salah satu pianis jazz yang memiliki daya pikat yang luar biasa. Penampilannya bersama Jakarta All Stars gegap gempita dengan sambutan publik jazz, yang memadati Crystal Ballroom, Hotel Melia Panorama, Batam. Bubi Chen hadir menggantikan Idang Rasjidi, yang berhalangan hadir.Pagelaran musik jazz yang bertajuk Independence Jazz ini, seperti dilaporkan koresponden Horizon-line.Com, Hendra Sinadia dari Batam, dihadiri sekitar 400-an pencinta jazz P. Batam dan sekitarnya. Tiket pertunjukan seharga Rp. 85 ribu ludes tak berbekas. Inilah salah satu even jazz paling sukses yang diadakan oleh BJF, menyusul beberapa even jazz serupa beberapa waktu lalu.

Acara dimulai pada pukul 20.15, yang dibuka oleh penampilan Krapu Jazz Band, Maestro Band (Pekan Baru), serta turut pula dimeriahkan oleh penyanyi jazz berbadan subur, Bertha. Penampilan kedua band lokal ini mendapat sambutan penonton. Beberapa komposisi jazz dihadirkan dengan menarik. Krapu Band, misalnya, menampilkan seorang vokalis pendukung asal Singapura, Sheikh Thahir.

Tampilnya Jakarta All Stars dan Bubi Chen adalah saat yang paling ditunggu publik jazz Batam malam itu. Penonton dibuat terpukau dengan komposisi-komposisi jazz seperti Mr. PC, Maputo, Feels So Good, Here, There and Everywhere, hingga The Entertainer. Sedangkan Bertha, salah satu penyanyi jazz yang tengah berkibar saat ini, menampilkan beberapa komposisi seperti Body & Soul, Canteloupe Island, dan Georgia On My Mind. Penonton pun histeris karenanya, dan sempat meminta tambahan beberapa komposisi tambahan, di acara berdurasi lebih dari dua jam itu.

Yang menarik, even jazz ini juga disiarkan secara live oleh Zoo FM (Ramako Batam), yang memiliki daya pancar hingga ke Singapura dan Johor. Tampak pula pencinta jazz asal Singapura yang hadir dalam even tersebut.

Sebagai penyelenggara, BJF terbilang sukses. Forum yang menghimpun pencinta jazz di P. Batam ini agaknya selalu memanjakan para anggotanya. Beberapa even jazz serupa, yang menampilkan musisi-musisi jazz Tanah Air, pernah digelar beberapa waktu lampau. Bubi Chen, seperti dikutip Kompas, Senin (7/8), tampak puas dengan acara bulanan BJF tersebut. Selamat untuk BJF! (ymn/hendra, Batam)