Batam International Jazz Rendezvous Digelar

By on September 2, 2001

Sebuah even jazz berskala internasional akan digelar di P. Batam, pada 15-16 September mendatang. Namanya adalah Batam International Jazz Rendezvous (BIJR). Sebuah even jazz menarik, yang menggantikan even Batam International Jazz Festival, yang gagal dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dan, seperti biasa, even jazz di kawasan industri ini dilaksanakan oleh Batam Jazz Forum (BJF).

Musisi-musisi jazz yang akan meramaikan BIJR ini adalah: Indra lesmana Quartet, Bubi Chen & Friends, Joe Rosenberd Quartet (Amerika Serikat), Idang Rasjidi Quarte featuring Kemala Ayu, The Thomson Big Band (Singapore), Rick Smith Quartet (Amerika Serikat), Louis Souliano Quartet Featuring Mei Mei, dan Victor Gazkin, dan Maestro Band – kelompok band lokal asal Riau.

Di samping menampilkan pertunjukan musik jazz, BIJR, yang digelar di Hotel Melia Panorama, Batam ini juga menampilkan serangkaian acara menarik seperti workshop tentang jazz (14/9) bertempat di Mandarin Regency Hotel, Batam, dan Sunday Jazz Afternoon (16/9), yang dilaksanakan di Melia Panorama, Batam. Kedua acara ini akan didukung oleh Bubi Chen, Benny Likumahua, dan Thomson Swing Band.

Acara musik jazz yang cukup idealis ini didukung oleh Pemerintah Otorita Batam, dan Pemerintah Kodya Batam. Kedua institusi pemerintah ini, boleh dibilang, merupakan satu-satunya Pemerintah Daerah di Indonesia, yang mensponsori acara musik jazz bertaraf internasional seperti BIJR. Dan, sebagai sebuah kawasan industri, Batam agaknya cukup potensial untuk menggelar even seperti ini.

BIJR, bisa dikatakan, terbilang idealis dan cukup berani. Kami hanya membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk mempersiapkan even ini,ujar Hendra Sinadia, ketua BJF kepada Horizon-line.Com. Sedangkan tujuan dari pelaksanaan BIJR, lanjut Hendra, adalah untuk menggalakan musik jazz dan promosi pariwisata di Pulau Batam kepada dunia internasional. (ymn)