Balawan Kenalkan Jazz Bersama DJ

By on August 9, 2006

Musik Balawan semakin akrab ditelinga pecinta musik tanah air. Gitaris yang mempunyai nama lengkap I Wayan Belawan, dan selalu tampil dengan gaya Bali ini, selalu mendapat sambutan luar biasa dalam setiap penampilannya. Termasuk ketika tampil di program musik  Dance Fusion DJ Live Tour Feat Balawan, bertempat di  Vertical Six Club & Lounge, Surabaya, Sabtu (5/8) pekan lalu.

Balawan mencoba menampilkan musik yang lain dari biasanya . Ia bahkan berkolaborasi dengan beberapa DJ (Disc Jokey) asal Bali, yaitu DJ Emon, DJ Ifin, DJ Nason, dan DJ Lanang, dan mengusung beberapa komposisi beraliran House Music, Soul Full, Deep Tribal, Progressive dan Trance. “Ini merupakan salah satu jalan untuk mengenalkan musik jazz kepada masyarakat awam, ” jelas Balawan saat jumpa pers.

Dengan menyajikan warna house jazz, Balawan ingin memudahkan penikmat jazz meskipun masih tergolong baru. Teknik tapping yang selalu dimainkan Balawan, membuat warna musik kali ini lain dari pada yang lain. Begitu juga dengan perpaduan musik house fussion dengan musik jazz bisa dinikmati. Hal ini mengingatkan kita pada salah satu kelompok musik beraliran jazz funk, Jameriquai.

Dikalangan pencinta musik jazz tanah air maupun manca negara, nama Balawan sudah tidak asing lagi. Pemilik nama I Wayan Balawan ini adalah pendiri Batuan Ethnic Fusion, sebuah grup musik  yang memainkan musik etnik Bali yang dikombinasikan dengan musik jazz. Mereka sempat merilis album pada tahun 1999 berjudul gloBALIsm.

Balawan dikenal sebagai gitaris yang handal memainkan gitar dengan teknik tapping, yaitu teknik khusus di mana jari-jari kiri dan kanan secara bersamaan memainkan bass, chords, dan melody, seakan-akan dia memainkan piano. Publik pun dibuatnya takjub dengan kepiawaiannya memainkan dua gitar secara bersamaan dengan cepat, lincah, juga melodius.

Dengan penyajian yang samasekali baru membuat jazz kali ini bisa dinikmati bagi bagianak muda yang suka cluber. (Donny L,Surabaya)

Foto : Donny L/Horizon-line.Com