Arti Piano Bagi Dave Brubeck

By on March 10, 2000

SAHABAT, bagi banyak orang, adalah sesuatu yang dibutuhkan. Begitu pula dengan Dave Brubeck, pianis jazz legendaris itu — yang serius mempelajari piano sejak usia belia. “Bagi saya, piano adalah juga seorang sahabat,” ujar Brubeck di sela-sela pembukaan pameran piano, dengan tema “Piano 300”, seperti dikutip ABC News, edisi 8 Maret. Pameran yang memamerkan ratusan piano, dan dimeriahkan dengan puluhan pianis-pianis handal tersebut dilaksanakan oleh Smithsonian Institute, AS, dalam rangka memperingati tiga ratus tahun ditemukannya piano.

Brubeck tidak sendirian. Billy “Piano Man” Joel, yang populer dengan komposisi Just The Way You Are, juga diundang oleh pihak penyelenggara. Pada kesempatan tersebut, kedua pianis pop dan jazz ini hadir dan menjelaskan banyak hal tentang piano, dalam kesempatan jumpa pers. Kedua pianis tersebut tampak menceritakan pengalamannya bermain piano.

“Saat pertama kali saya mendapatkan sebuah grand piano, saya masih menempati apartemen kecil,” ungkap Billy. Piano tersebut, lanjutnya, akhirnya memenuhi sebagian ruangan apartemen. “Saya pun akhirnya tidur tepat di bawahnya (piano tersebut – Red), selama kurang lebih seminggu,” lanjut Billy.

Brubeck lain lagi ceritanya. Menurut pianis berusia 79 tahun ini, pameran tersebut mengingatkannya pada grand piano tuanya — ketika masih belia, Brubeck menggunakan sebuah piano tua untuk berlatih. Brubeck terkenang kejadian tersebut ketika menyaksikan piano-piano tua yang turut dipamerkan. “Piano-piano tua tersebut adalah bagian dari masa muda saya,” ujar Brubeck sambil tersenyum.

Piano memang salah satu instrumen musik yang cukup tua umurnya. Penyelenggara pameran tersebut, The Smithsonian Institut, memilih tahun 1700 sebagai tahun ditemukannya piano, berdasarkan dokumen yang mengungkapkan bahwa piano dibuat pada tahun yang sama oleh Bartolomeo Cristofori di Florence, Italy. Salah satu piano yang dibuatnya di tahun 1722, dapat disaksikan di S. Dillon Ripley Centre, hingga 4 Maret 2001.

Pameran tersebut juga memamerkan beragam jenis piano, di antaranya adalah square piano, grand piano, miniature piano, sebuah piano “giraffe”, dan liberace grand. Pada kesempatan tersebut, Billy dan Brubeck mendapatkan penghargaan The James Smithson Bicentennial Medal — yang diberikan oleh pihak panitia — sebagai penghargaan untuk kontribusi kedua pianis tersebut mempopulerkan piano. (Yollis)