Asyiknya Dewa Budjana Main Trio

By on May 11, 2001

Pisa Cafe, Menteng, Rabu malam (9/5). Halaman parkir kafe yang ditata dengan gaya taman itu tampak ramai. Sebuah acara yang digelar oleh perusahan rokok itu, di samping menampilkan obrolan santai dengan beberapa tokoh pria yang dipilih, juga menampilkan Trio Budjana — kelompok trio yang didukung oleh Dewa Budjana (gitar), Arie Ayunir (dram), Bintang (bas), dan dibantu oleh Arif (saksofon). Maka, atmosfir jazz pun akhirnya memenuhi ruangan kafe.

Acara yang dipandu oleh Ricky Jo ini dibuka dengan bincang santai dengan topik seputar laki-laki, yang menampilkan seorang pilot sebuah maskapai penerbangan, dan Daddo Parus dari Radio One 101.25 FM, Jakarta.

Kedua bintang tamu tersebut menceritakan tentang kisah sukses mereka. Penonton juga dilibatkan dalam perbincangan tersebut, dan juga diadakan pembagian kuiz dari pihak sponsor.

Setelah perbincangan tersebut, maka acara yang dinantikan pun tiba. Budjana, Bintang, Arie, dan Arif, akhirnya diundang ke atas pentas. Penonton langsung bertepuk tangan menyambut trio yang lama tak muncul ini. Ricky Jo yang memandu acara langsung mewawancarai trio tersebut, mulai dari sejarah berdirinya, konsep musiknya, hingga alasan untuk membentuk trio itu.

Sesaat kemudian beberapa komposisi ditampilkan, masing-masing: Kunang-kunang, Wanita, dan komposisi lain yang diambil dari album Nusa Damai milik Budjana. Warna musiknya kental dengan unsur jazz rock. Penonton pun terhanyut dengan permainaan trio yang rata-rata memiliki latar belakang musik jazz yang lumayan ini. Sambutan yang meriah adalah buktinya.

Trio Budjana sebenarnya telah didirikan sejak lama, yaitu sekitar tahun 80-an. “Ini adalah band pertama yang saya bentuk bersama Arie dan Bintang,” ujar Budjana di sela-sela pertunjukan malam itu. Menurutnya, sekalipun jarang manggung, trio ini akan tetap eksis menyusul rencana Arie untuk hijrah ke Amerika dalam waktu dekat ini. (yollismn/mhidayat)