Apa Kata Musisi Jazz Tentang Facebook?

By on March 16, 2009

Horizon-line.Com – Sihir Facebook tengah melanda dunia. Hingga saat ini saja, misalnya, lebih dari 150 juta orang di dunia terkoneksi di dalam situs jejaring sosial ini. Facebook telah menjadi trend baru penduduk Bumi. Indonesia pun tak mau ketinggalan. Saat ini jumlah account Facebook yang berasal dari Indonesia sudah mendekati angka 1,5 juta orang, dan menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara!

Musisi jazz pun tak luput dari sihir Facebook. Sejumlah musisi jazz tanah air telah terdaftar di Facebook. Di antaranya Indra Lesmana, Benny Likumahuwa, Riza Arshad, Syaharani, Balawan, Bintang, Indro Hardjodikoro, Tohpati, Aksan Sjuman, hingga musisi belia Indra Azis.

Nah, apa saja manfaat Facebook bagi musisi jazz? Bagaimana Facebook membantu para musisi untuk jazz untuk karir musik mereka? Berikut ini adalah komentar sejumlah musisi jazz tentang Facebook.

Balawan (Gitaris)
“Meluaskan networking, menginformasikan sebuah event ke teman dan para fans, sebagai media promo album baru, atau video performance, hingga link ke situs Youtube”

Syaharani (Vokalis Jazz)
“Facebook sangat membantu. Bisa promosi melalui Facebook Pages, Groups, dan biaya iklan baris hariannya juga murah. Termasuk fitur broadcasting melalui Wall dan Status. Facebook juga membantu musisi berkomunikasi dengan fans.”

Riza Arshad (Pianis Jazz)
“Facebook bermanfaat untuk menyebarluaskan hasil pekerjaan saya dan grup (Simak Dialog) kepada khalayak seluas-luasnya, melalui Fan Page, Groups, dan sebagainya”

Indra Azis (Saksofonis)
“Facebook membantu saya mempromosikan karya terbaru, musik, konser, website/blog, video,  atau tulisan-tulisan saya. Fitur yang paling sering digunakan adalah Status, Notes, Tagging, Messaging, Post, Share melalui Wall”

Tak dapat dipungkiri, Facebook telah mengubah hidup banyak orang di luar sana. Bertemu teman lama, kangen-kangenan dengan pacar lama, bertemu gadis impian, mendapatkan partner bisnis, hingga mempromosikan album terbaru kepada para fans. Semua dapat dilakukan hanya dengan sekali klik di Facebook.

Di era Facebook, musisi jazz tak perlu repot-repot membentuk fans club secara manual lagi. Semua sudah tersedia secara gratis. Hanya dengan sekali klik, ribuan fans sudah terbentuk dalam waktu singkat. Efek viral dari situs jejaring sosial semacam Facebook, memungkinkan album baru dari seorang musisi jazz tersebar dengan cepat.

Anda juga sering menggunakan situs jejaring sosial Facebook? Apa saja fitur favorit Anda? Bagaimana Facebook mengubah hidup Anda? Apa saja manfaat menggunakan Facebook yang Anda rasakan? Silakan memberikan komentar dan tanggapan Anda. (yollismn)