Album Terbaru January Christy

By on August 4, 2001

Lama menghilang, January Christy, penyanyi jazzy yang pernah populer dengan komposisi Melayang, kembali akan meramaikan jagat musik Indonesia. Rencananya, seperti diungkapkan pihak Prosound Records, album teranyar January akan dirilis pada 17 Agustus mendatang, bertepatan dengan HUT Proklamasi RI.

Komposisi terbaru dari penyanyi bertubuh ceking ini adalah Putra Sang Fajar. Sebuah komposisi yang ditujukan untuk mereka yang memiliki talenta karisma, dan berjasa bagi sesama manusia. Dan, seperti yang bisa ditebak, komposisi Putra Sang Fajar, ditujukan bagi sang Proklamator RI, Soekarno. Sedangkan komposisi ini ditulis oleh Bagoes AA dan Seno M. Hardjo.

Musik dari album ini digarap oleh Bagoes AA, dan dibalut dengan kemegahan orkestra yang cukup menarik. Sebuah album yang akan melengkapi repertoar hits sepanjang 15 tahun berkarir January Christy di jagat musik. Dan, seperti yang direncanakan, album bertajuk January Christy Colections ini akan dihiasi oleh 12 komposisi, yang diambil dari album-album lamanya, dan ditambahkan dengan beberapa komposisi baru.

Lalu, apa yang menarik dari komposisi Putra Sang Fajar? Komposisi ini seperti memiliki daya magis. Setelah selesai proses pengisian vokal, saya terdiam dan berpikir keras: kenapa bisa begini,” ujar January yang mengaku hampir menangis saat proses pengambilan vokal. Akhirnya, lanjutnya lagi, dirinya bisa meng-Amin-kannya. Terang saja, ini bukan komposisi biasa, tapi ini adalah sebuah Ode.

Album ini, seperti diungkapkan Jonathan Nugroho dari Prosound, adalah untuk menciptakan momentum agar tetap cinta Indonesia. “Kita ikut merayakan HUT Kemerdekaan RI dengan cara kita, yakni melalui medium musik,lanjutnya lagi.

January Christy adalah sosok penyanyi jazzy yang pernah membuat hits dengan komposisi-komposisinya, seperti Melayang, Aku Ini Punya Siapa, Masa-masa, Tutup Mata, dan masih banyak lagi. Semua komposisinya berhasil memadukan dua unsur ideal dalam industri musik: kualitas dan komersial. Komposisi Putra Sang Fajar, misalnya, dinyanyikan dengan timbre vokalnya yang khas, dan masih seperti dulu.

Nah, kira-kira bagaimana karakter vokal penyanyi bersuara berat ini setelah lama menghilang? Dari sampel kaset yang diterima Horizon-line.Com, terlihat bahwa January masih memiliki kualitas vokal yang bagus. Komposisi ini memiliki kekuatan pada lirik dan musiknya. Kemegahan sebuah orkestra terdengar begitu menarik, dan berhasil dibangun oleh Bagus A.A, yang juga didukung oleh Saunine Orchestra, Henry Lamiri, serta diproduseri oleh Seno M. Hardjo.

Masih penasaran? Nantikan pada 17 Agustus mendatang! (ymn)