Al Jarreau Akan Tampil di Jakarta

By on May 10, 2000

PANGGUNG politik Indonesia boleh gonjang-ganjing. Krisis ekonomi boleh tak berujung. Tapi, yang namanya hiburan, tetap saja menjadi sebuah komoditi yang laris untuk dijual. Buktinya? Simak saja beberapa konser dari musisi-musisi manca negara belakangan ini. Ada Dave Koz, West Life, George Benson, David Benoit, dan beberapa nama besar lainnya.

Salah satu penyanyi handal, penyabet 5 Grammy Award, juga akan menghibur publik musik Jakarta dalam waktu dekat ini. Dia adalah Al Jarreau: penyanyi yang populer dengan komposisi Spain, yang akan tampil di Jakarta Covention Center, pada 20 Juni mendatang. Inilah salah satu pertunjukan musik paling ditunggu, menyusul penampilan George Benson, David Benoit, dan Dave Koz baru-baru ini. Demikian informasi yang dirilis oleh Buena Produktama, Rabu (10/5), promotor yang akan mendatangkan penyanyi yang juga seorang psikolog itu.

Al Jarreau bukanlah nama baru di blantika musik dunia. Mulai bernyanyi sejak usia belia, 4 tahun. Ketika itu, Al kecil berlatih bersama dengan sejumlah saudara laki-lakinya. Pada usia yang sangat muda, Al juga kerap tampil di kota kelahirannya, Milwaukee, Wisconsin. Di samping musik, olah raga adalah salah satu bidang yang digemari oleh alumni psikologi, dari University of Iowa, AS. Setelah menyelesaikan masternya, Al kemudian ditempatkan di San Fransisco, dan memulai karirnya sebagai konselor di sebuah rehabilitasi sosial.

Bernyanyi, bagi Al, adalah sama menariknya dengan dunia psikologi. Itulah sebabnya, di samping sibuk dengan urusan kejiwaan, Al juga masih sering tampil di beberapa klub jazz, yang akhirnya mempertemukan dirinya dengan George Duke, seorang musisi jazz yang cukup berpengaruh dalam perjalanan karirnya.

Pada 1960-an, Al akhirnya memutuskan untuk lebih serius menjadi seorang penyanyi, ketimbang menjadi psikolog. Dia kemudian berpindah-pindah tempat tinggal, hingga akhirnya terbang ke New York, dan mulai bergaul dengan musisi-musisi kenamaan, seperti Jhonny Carlson, David Foster, Mike Douglas, dan Julio Martinez. Al selanjutnya membuat program musik di sebuah televisi lokal. Itulah cikal bakal dari kepopulerannya.

Beberapa album, dari penyanyi yang melakukan tur keliling dunianya pada 1977 ini, adalah “Look To The Rainbow“, “All Fly Home”, “Breakin Away“, “Heaven And Earth“, “L Is For Love”, “Heart’s Horizon”, Best Of Al Jarreau” — yang merupakan album perjalanan karirnya selama 20 tahun, dan album terbarunya “Tomorrow Today” –beredar di Amerika pada 7 April lalu.

Kedatangan Al ke Jakarta merupakan serangkaian dari turnya, yang dimulai sejak April lalu, dan menyinggahi empat benua: Eropa, Amerika, Australia, dan Asia. Di Asia, penyanyi yang sedang mempromosikan album terbarunya, “Tomorrow Today” ini, akan manggung di Kuala Lumpur (18/6), Jakarta (20/6), Manila (22/6), dan ikut serta pada Montreux Jazz Festival, di Swis, pada pertengahan Juli mendatang. (yollismn)