A Tribute to Antonio Carlos Jobim di Jamz

By on March 22, 2001

Antonio Carlos Jobim tentunya sudah tak asing di blantika musik jazz dunia. Komposisi-komposisinya eksotis dan telah menjadi komposisi jazz standar yang banyak dimainkan orang hingga kini. Maka, untuk lebih memperkenalkan komposer jazz asal Brazil itu kepada publik jazz Indonesia, maka Batam Jazz Forum (BJF), Horizon-line.Com, dan Jamz Pub Jakarta, akan menggelar sebuah acara bertajuk The Man From Ipanema – A Tribute to Antonio Carlos Jobim, pada hari Kamis, 29 Maret mendatang.

Rencananya, musisi-musisi jazz yang akan tampil pada acara yang akan dilaksanakan di Jamz Pub, Jakarta, itu adalah Cendy Luntungan, Idang Rasjidi, Jeffry Tahalele, Oele Patiselano, Jilly Likumahuwa, Syaharani, Soul Rythm, dan masih banyak lagi. Di samping membawakan beberapa komposisi Jobim, Syaharani juga berperan sebagai MC yang akan membawakan acara tersebut.

Adapun dipilihnya Jobim – lahir di Rio de Janeiro, Brazil, pada 25 Januari 1929 – menurut Hendra Sinadia dari BJF, adalah karena Jobim merupakan salah satu komposer jazz yang cukup berpengaruh. “Komposisi-komposisinya menarik, dan banyak direkam kembali dalam berbagai versi hingga saat ini, ” ujar dedengkot BJF itu.

Format dari acara ini, di samping menyajikan komposisi-komposisi Jobim, juga akan menyajikan informasi tentang Jobim dan sepak terjangnya di dunia musik jazz. Rencananya, pihak kedutaan Brazil di Jakarta juga akan turut mendukung acara ini. “Saat ini kami sedang menjajaki kemungkinan ke arah itu,” lanjut Hendra yang akan mengajak Jilly Likumahuwa yang memang dekat dengan pihak kedutaan Brazil di Jakarta.

Acara ini merupakan langkah awal yang cukup menarik. Pihak BJF, Horizon-line.Com, dan Jamz Pub Jakarta, sudah sepakat untuk melaksanakan acara ini secara berkala, tentunya dengan sajian serupa yang akan menampilkan pendekar-pendekar jazz legendaris. Tujuan dari acara ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada pencinta jazz di Indonesia, terhadap tokoh-tokoh yang telah menjadi legenda dalam musik jazz. (yollismn)