Nial Djuliarso Akan Tampil di Jamz

By on January 16, 2000

JAMZ Pub, Jakarta, kali ini kedatangan seorang pianis jazz belia, Nial Djuliarso, 20, yang rencananya akan menunjukan kebolehannya bermain piano, pada tanggal 3, 4, dan 8 Januari 2001 mendatang. Yang menarik, di samping tampil memainkan piano, penerima beasiswa di Berklee College of Music, Boston, AS, dan peraih penghargaan Jazz Club Schoolarship 1999 ini, juga akan membuka sesi tanya jawab dengan pengunjung tentang jazz, music request, hingga studi musik di AS.

Prestasi Nial di bidang musik cukup bagus. Ketika masih bersekolah di sebuah SMU di Sarasota, AS, Nial pernah mendapatkan penghargaan sebagai pianis muda berbakat. Dia juga pernah tampil pada beberapa even jazz bergengsi, seperti Sarasota Jazz Festival, dan mengikuti Piano Explosion di AS, dan tampil bersama dengan pianis jazz lainnya seperti Dick Hyman, Marian McPartland, Billy Taylor, Derek Smith, Bill Charlap, serta dibantu oleh Michael Moore (bas) dan Frank Capp (drum).

Kedatangan Nial ke Jakarta kali ini, seperti diungkapkan Tripudjo Djuliarso – Ayah Nial, adalah dalam rangka liburan tahunannya. “Nial memang harus diperkenalkan pada publik musik Indonesia sejak dini, “ ujar Tripudjo beberapa waktu lalu kepada Horizon-line.Com. Maka, Jamz Pub agaknya tempat yang pas untuk memperkenalkan pianis muda berbakat ini. Rencanaya, Nial akan tampil di New Orleans Lounge, selama tiga hari setiap pukul 20.00 – 21.00 WIB.

Nial Djuliarso adalah sedikit di antara pianis muda Indonesia, yang mendapatkan beasiswa untuk belajar di Berklee College of Music, Boston, AS. Belajar musik sejak usia 2,5 tahun. Electone adalah alat musik pertama yang dipelajarinya. Di usia 8 tahun, seperti dikutip Contact – Vol 6 1999, Nial sering mendengar permainan bas Ayahnya di sebuah bar. Saat itu sang Ayah — yang juga seorang musisi ini — sering memainkan komposisi-komposisi jazz bersama grup-nya. Itulah saat pertama Nial tertarik dengan musik dan komposisi jazz. Nah, Anda kami undang undang untuk menyaksikan permainan Nial. (ymn)