20 Koleksi Christmas Jazz dari Amazon

By on December 4, 2000

Menyambut Natal tahun ini, Amazon.com kembali merilis koleksi-koleksi jazz bertema Christmas. Kali ini, Amazon menghadirkan 20 koleksi menarik dari musisi-musisi jazz legendaris yang hadir dengan komposisi-komposisi jazz standar bertema jazz. Di antaranya adalah A Charlie Brown Christmas, Mambo Santa mambo, Christmas For Kid, Ella Fitz Gerald’s Christmas, An Oscar Peterson Christmas, Winter Nights, Wishes You A Singing Christmas, A Dave Brubeck Christmas, hingga Let’s Share Christmas.

Koleksi-koleksi jazz yang dihadirkan cukup menarik. Dave Brubeck, misalnya, hadir dengan album berjudul A Dave Brubeck Christmas. Di album yang dihiasi oleh 14 komposisi ini, Dave tampil dengan sajian solo piano yang ekspresif. Komposisi semisal Silent Night, misalnya, tampak begitu agung dan jazzy. Begitu pula dengan Santa Claus is Coming to Town, dan Run, Run, Run to Bethlehem. Dave bermain dengan sajian jazz standar yang kental.

Album menarik lainnya adalah Ella Fitzgerald’s Christmas, yang dihadirkan dengan sangat baik oleh Ella Fitzgerald. Di album ini, Ella hadir dengan O Holly Night, Joy To The World, The First Noel, hingga Silent Night. Komposisi-komposisi klasik tersebut hadir dengan karakter suara khas Ella yang jazz, namun tetap agung. Sekitar 13 komposisi Natal berhasil diolah kembali dengan gaya Ella.

Album lainnya yang cukup menarik adalah The Christmas Album, yang dibawakan oleh kelompok vokal jazz Manhattan Transfer. Harmonisasi yang berhasil dibangun kelompok ini layak diacungi jempol. Gaya khas mereka, kekompakan vokal yang prima, terlihat di album ini. Sebelas komposisi berhasil diusung oleh kelompok yang banyak melahirkan album laris ini, di antaranya adalah Snowfall, Goodnight, Christmas Love Songs, dan Caroling, Caroling.

Secara umum, ke-20 album jazzy bertema Natal ini cukup menarik untuk dikoleksi. Terutama bagi Anda,  jazz lovers yang merayakan Natal. Album-album tersebut paling tidak menjadi alternatif di antara ribuan album serupa yang beredar di pasaran. Apalagi yang ada di berbagai toko virtual di internet, yang sangat banyak jumlahnya. Untuk lebih jelasnya, atau apabila Anda tertarik dengan album-album tersebut, maka Amazon.com adalah tempat yang relatif aman untuk berbelanja. (ymn)